Program BERMUTU, Hibah atau Pinjaman?

Pada akhir Maret lalu, Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK), menggelar acara di tiga hotel di Jakarta. Hotel Mandarin, Hotel Sultan, dan Hotel Borobudur. Hadir diantaranya adalah para Ketua DPRD, para Kepala Dinas Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), P4TK, dan para Bupati/Walikota dari 140 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Program BERMUTU (Beter Education through Reformed Management and Universal Teacher Up-grading) diperkenalkan di sana. Sebuah program kerjasama antara Depdiknas melalui Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) dengan Pemerintah Belanda dan World Bank.

Jangan dulu banyak curiga, karena ini adalah hajatan dan niatan besar dari Depdiknas untuk menggenjot mutu pendidikan di Indonesia. Program BERMUTU, dikatakan sebagai gerakan reformasi pendidikan. Program ini membidik para pendidik sebagai sasarannya. Beberapa pengembangan metode akan dilakukan, mulai dari reformasi pendidikan guru yang ada di universitas-universitas dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sampai pada pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS). 

Realisasi program ini, sedianya akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2008 hingga 2012 nanti. Sasarannya terdiri dari 140 kabupaten/kota (dari 14 provinsi) yang diundang dan diikutsertakan dalam acara sosialisasi ini. Namun, hanya 70 kabupaten dan kota yang akan lolos seleksi sebagai penerima bantuan dari Program BERMUTU ini. Beberapa kriteria, disisipkan sejak awal. Salah satunya, Depdiknas menginginkan adanya komitmen tegas dari pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Komitmennya adalah menyediakan dana pendamping dengan jumlah minimum 20% dari total dana program BERMUTU yang dialokasikan kepada kabupaten/kota yang dimaksud.

Sumarna Suraprnanata, Direktur Pembinaan Diklat, Dirjen PMPTK, menyebutkan besaran dana program BERMUTU yang totalnya berjumlah US$212 juta . Diberitakan bahwa dalam program ini mengalir dana hibah dari pemerintah Belanda, dan dana pinjaman dari World Bank. Fitri Harto, dari Direktorat Pinjaman dan Hibah Luar Negeri, menyatakan, “Indonesia memang meminjam kepada World Bank. Departemen Keuangan memperolehnya dari sumber murah di World Bank. Murahnya itu relatif. Artinya, dapat ditinjau dari sistem pembayarannya. Untuk program ini, dana yang didapat adalah dana pinjaman dengan lama pembayaran hingga kurun waktu 40 tahun. Bunga pertahunnya sebesar 0,75%. Jumlah total pinjamannya US$100 juta. Pembayaran dimulai 10 tahun setelah sekarang. Jadi kita punya cukup banyak waktu.”

Writer : Ayu N. Andini

~ oleh one1thousand100education pada Juli 9, 2007.

5 Tanggapan to “Program BERMUTU, Hibah atau Pinjaman?”

  1. tolong kirim syarat untuk mendapatkan dana hibah tsb utk SMA SWASTA, kapan batas akhir permohonan bantuan? brp nominal yang akan diterima?

  2. apakah ada petunjuk pelaksanaanya??

  3. […] cari tau apa itu bermutu. Tapi nggak nemu di area Dinas Pendidikan, malah ketemunya di sebuah blog https://one1thousand100education.wordpress.com Katanya seorang fasilitator PMPTK sih, nama BERMUTU ini dicetuskan oleh Pak Dirjen Dikti yang baru […]

  4. tentang asal usul nama BERMUTU, sebenarnya tdak saya telusuri lebih jauh. karena yang lebih esensial adalah isi program dan jalannya program. kalau ada info bahwa itu berasal dari pak Fasli Djalal, mungkin saja. Mengingat ketika program ini diluncurkan, beliau masih menjabat sebagai dirjen PMPTK di depdiknas. dan sekarang, pak Fasli Djalal sudah menjabat sebagai Dirjen DIKTI yang baru di Depdiknas.

  5. saya mendapatkan sumber dari seorang dari world bank, bahwa selain pinjaman ada juga grant yang rencananya akan digelontorkan untuk Indonesia dalam bidang pendidikan. Hal ini merupakan sebagai test case awal saja sebelum program-program yang lain akan diberi. Apabila ternyata dalam survei masih saja terjadi kebocoran (seperti pada tahun2 sebelumnya), maka grant akan dibekukan untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: