Semburat Semangat dari Panti Melati

Adalah Monica, Dian Komalasari, dan Yulia Alfina Syifa. Mereka bertiga, perempuan-perempuan usia belia dan telah tinggal di dalam panti ini selama 1 s/d 1,5 tahun lamanya. Belum banyak yang bisa mereka ceritakan tentang pengalaman selama mereka tinggal disana. 

Masing-masing dari mereka punya cita-cita dan hoby seperti anak-anak seusianya. “Usiaku 17 tahun. Ayahku bekerja sebagai supir taksi hingga sekarang. Aku betah tinggal di sini. Banyak teman,” ujar Monica dalam bahasa isyarat.  

Ia menyenangi keterampilan menjahit. Sudah ada beberapa hasil jahitannya yang ia berikan untuk ibunya di rumah. Keluarganya kini berdomisili di daerah Citayam, Bogor. Monica, anak pertama dari dua bersaudara.

Ia tersenyum lebar, ketika kami tanyakan apakah dia akan buka usaha setelah lulus dari panti. Sekarang, ia tengah menekuni bimbingan keterampilan menjahit putri di Panti Melati. Tak beda jauh dengan Dian Komalasari. Dian, juga mengambil bidang yang sama dengan Monica, keterampilan menjahit putri. Ia seusia dengan Monica. Mereka berdua bersahabat sejak kecil. Rumah mereka memang tak berjarak jauh, sewaktu Monica masih tinggal di daerah Depok.

Ditanyakan tentang hoby, Dian menjawab riang, “Aku senang membaca komik,” ujar Dian tersenyum senang. Ia lulusan SDN Pondok Terong IV, Depok. Kemampuannya berbahasa cukup baik. Termasuk kemampuannya membaca gerak bibir ketika orang lain sedang berbicara. Ayahnya bekerja di pabrik lampu merk terkenal.

Fina, putri ke-2 dari 3 bersaudara. Usianya kini baru 16 tahun. Ia pulang ke rumah setiap 1 s/d 2 minggu sekali, selama 2 hari. Kini ia sedang menekuni bimbingan keterampilan tata rias di Panti Melati. “Aku sudah bisa merias pengantin,“akunya. Fina yang berwajah tirus dan punya senyum manis ini, jadi tersipu-sipu malu ketika ditanyakan apakah ia sudah punya kekasih. Kepalanya menggeleng, tapi tatapan matanya mengatakan: ya.   

 Tulisan ini telah dimuat dalam sebuah majalah terbitan Departemen Sosial RI.

Writer :  Ayu N. Andini

~ oleh one1thousand100education pada Januari 25, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: